Social Icons

Selasa, 07 Januari 2014

Pidato Sumpah Pemuda



            Terimakasih atas kesempatan yang diberikan, saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan sumpah pemuda.
Yang terhormat Bapak Kepala SMK Giri Pendawa, Bapak/Ibu Dewan Juri beserta seluruh staf pegawai SMK Giri Pendawa yang saya hormati serta tak lupa peserta lomba dan teman-teman para pemuda-pemudi generasi penerus bangsa yang berbahagia.  
Sebelum saya menyampaikan pidato sumpah pemuda ini, marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Hyang Maha Esa, karena atas asung kerta ware nugrahanya kita dapat berkumpul bersama-sama dalam peringatan sumpah pemuda dan bulan bahasa.
            Dewan juri, teman-teman semua dan peserta lomba yang berbahagia, perkenalkan saya I Wayan Adnyana perwakilan kelas XII TKJ pada kesempatan kali ini akan menyampaikan uraian pidato yang bertema Sumpah Pemuda dengan judul Memaknai Sumpah Pemuda Membangun Semangat Perbaikan.
Hadirin sekalian yang berbahagia. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 dimana terjadi sebuah sumpah bersama yang dilakukan seluruh pemuda anak negeri ini yang kemudian sekarang kita kenal dengan sumpah pemuda. Kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dapat memperingati hari Sumpah Pemuda. Sebab pada tanggal ini bangsa Indonesia memilik tekat yang bulat sebagai bangsa yang mampu berdiri sendiri dan mempunyai pandangan luas akan masa depan.
            Saudara sekalian yang berbahagia. Dengan ikrar para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, berarti kita mengakui :
kami putra putri Indonesia  mengaku bertumpah darah yang satu,tanah air Indonesia
kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa satu,bangsa Indonesia
kami putra dan putri Indonesia menjujung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia
Dalam hal ini kita tidak hanya bangga kerena memiliki dan mengakui hal-hal tersebut, tetapi kita sebagai bangsa Indonesia harus memperjuangkan dan mempertahankan tanah air tercinta dari tangan jahil bangsa lain.
            Untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin berat, dibutuhkan pemuda yang kreatif dan inovatif. Saya kira pemuda Indonesia tantangan kita semakin hari semakin berat. Masa depan sekarang betul-betul ditentukan oleh kreativitas dan inovasi-inovasi yang betul-betul berdasarkan pikiran-pikiran yang sehat dan segar. Akan tetapi saat ini kita lihat semangat sumpah pemuda semakin luntur  kita lihat di mana-mana terjadi tawuran pelajar, terjadi pertikaian antar warga, pertiakaian antara pemuda. Semakin hilang semangat untuk bersatu. Terkadang kita kurang tekun dalam mencapai satu sasaran. Faktanya di Indonesia sering kali kegiatan dilakukan secara mendadak dan kurang terecana dengan baik. Sehingga hasil yang dicapai kurang optimal dan hanya mengejar formalitas belaka. Barangkali ini terjadi karena kita kurang mencintai kegiatan atau pekerjaan itu. Tentunya hal ini dapat dikurangi, kalau kita dapat menumbuhkan kecintaan pada pekerjaan. Sebagaimana bunyi pepatah berikut “ Yang terpenting bukanlah mengerjakan apa yang engkau cintai, tetapi cintailah apa yang engkau kerjakan”. Melalui pidato ini, saya mengajak teman-teman para pemuda-pemudi Indonesia penerus bangsa, mari kita mulai bergerak, tanamkan dalam hati, mari kita kembali tegakkan nilai-nilai sumpah pemuda, mari kita bersatu bersama-sama membangun dan menajukan negeri tercinta ini, negeri ku Indonesia.
Demikian pidato bertemakan Sumpah Pemuda yang dapat saya sampaikan, bila ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, kesempurnaan hanya dimiliki oleh tuhan dan saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa dapat mengemban amanat tersebut dan menjalankannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral, adil, makmur dan sejahtera.
Sekian dan Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar